HEADER

Rabu, 15 Juni 2011

GOJURYU

SEIPAI

Seipai merupakan shitei ke dua dalam aliran karate Goju-ryu.

Pengertian
Seipai dapat diartikan sebagai "18 tangan".  Sei berarti 10 dan Pai berarti 8.
Angka 18 -yang merupakan jumlah langkah/teknik yang ada dalam kata in- merupakan angka sakral dalam konsep Budhisme. Angka 18 diperoleh dari perkalian antara 6 indera (suara, rasa, warna, bau, raba, dan nalar) dengan 3 sifat (baik, buruk, dan damai).

Secara teknis penamaan 18 tangan mengandung implikasi pentingnya penguasaan sekkin-sen; penguasaan tangan untuk menangkis, menangkap, mengunci, bahkan melempar lawan. Kesulitannya terdapat pada fakta bahwa kerumitan sekkin-sen ini haruslah dibawakan sesuai konsep keras-lunak Goju-ryu. Artinya, pertentangan antara gerakan keras-lembut, pelan-cepat dan perpindahan tinggi-rendah kuda-kuda sangat signifikan dalam kata ini.

http://www.youtube.com/watch?v=yyfhF-7A7So

SAIFA

Pengertian
Saifa dapat diartikan "yang terutama". namun ada pula yang mengartikan sebagai "penghancuran dan airmata"

Sejarah Saifa
Tentang pencipta Saifa hingga saat ini masih menjadi perdebatan. ada yang mengatakan bahwa Saifa dibawa oleh Kanryo Higaonna dari China namun juga ada yang berpendapat bahwa kata ini diciptakan oleh Chojun Miyagi.

Saifa sesuai dengan aliran Goju adalah mengutamakan pertentangan aspek-aspek dalam Kata seperti tinggi rendah, keras lunak dan cepat lambat.

http://www.youtube.com/watch?v=l-guWxDMC94 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog